Jumat, 23 Januari 2009

"Aku untuk Negeriku"


Remaja Indonesia kebanyakan hanya berfikir tentang rumitnya kisah kehidupan mereka. Jarang sekali yang berfikir “aku untuk negeriku”. Kebanyakan orang akan lebih memilih berfikir tentang kehidupan pribadi mereka daripada berfikir untuk negeri ini. Kenapa ya? Sobat muda juga begitu kan? Apa karena jiwa nasionalisme kita yang kurang? [seperti yang telah dijelaskan buku-buku sosial]. Kayaknya nggak deh. Kita hanya nggak tau apa yang harus kita lakukan untuk negeri ini. Jika ditanya, ‘apa yang bisa kamu lakukan untuk negeri ini?’ maka pelajar akan menjawab ‘kita harus rajin belajar dan berprestasi’. Kalau kayak gitu, membosankan sekali. Dan emang hanya itu yang bisa kita lakukan? Tentu nggak. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk negeri ini.

Nah oleh karena itu, kita sebagai generasi muda Indonesia jangan buang-buang waktu untuk ngurusin masalah cinta yang ada endingnya. Generasi muda harus bangkit dan mengisi negeri ini seperti apa yang kita impikan. Partisipasi kita nggak cukup hanya dengan menghafal rumus2 yang membingungkan dan bersaing untuk menjadi juara 1 di sekolah. Hal tersebut emang penting. Generasi muda tetap tidak boleh menelantarkannya. Selain itu, masih banyak hal2 besar yang bisa kita lakukan.

Contohnya, generasi muda bisa mengapresiasikan kreativitas kalian dengan ikutan lomba, kayak lomba blog yang di adakan Bapak Bugiakso ini. Atau bisa juga ikutan lomba-lomba lain yang sesuai bakat kalian. Gak perlu menggebu-gebu untuk menang, yang penting kita bisa mewujudkan bakat kita. Kalau2 kita menang, mungkin aja keberuntungan kita. Lha, apa hubungannya dengan ‘aku untuk negeriku’? Ya ada lah. Di Indonesia pasti banyak lomba2 kayak gitu. Asalkan punya bakat dan semangat tunjukan kemampuanmu pada negeri ini. Itung2 partisipasi memeriahkan lomba juga. Coz banyaknya partisipasi dalam berbagai lomba menunjukkan seberapa besar minat rakyat Indonesia untuk berkreasi. Nah, klo rakyatnya terutama generasi muda udah punya semangat kayak gitu. Indonesia pasti bisa lebih maju. Itupun hanya 1 cara dari beribu2 cara untuk negeri kita. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Dari pada pulang sekolah cuma makan dan tidur, mendingan waktunya dibuat cari informasi tentang bagaimana mengembangkan bakat kalian.

Contoh lainnya :

- Generasi muda bisa ikutan ekstra kurikuler di sekolah untuk mengembangkan hobi.

- Ikutan jadi pengurus OSIS.

- Mengadakan acara amal untuk membantu korban bencana alam. De-el-el

So, apa yang bisa kita lakukan untuk negeri kita? Eksplor aja apa yang kalian punya. Kembangkan bakat yang kalian punya. Buat keluarga kita, tetangga kita, teman-teman kita, masyarakat di sekitar kita, dan negeri kita bangga pada apa yang kita lakukan.


5 komentar:

  1. Yups Eksplore apa yang kita punya...

    Lakukan yang terbaik apa yang kita bisa...

    Insyaallah itu bisa membantu kok..
    '
    Semangatz,..

    BalasHapus
  2. Pada saat sebagai pelajar tentunya di ajarkan pula tentang pendidikan yang berkaitan dengan kenegaraan, so...
    kalau sudah keluar dari dunia pendidikan mungkinkah pelajaran itu masih ada pada diri kita?
    Yang jelas hanya orang yang perdulilah yang akan memberikan sesuatu yang terbaik untuk negeri ini.

    BalasHapus
  3. Kita semua harus berbuat sesuatu untuk negeri ini, terutama kamu-kamu yang muda belia

    BalasHapus
  4. yup...kita harus mempunyai peran sebagai anak bangsa. jangan cuma membuang2 waktu. Lakukan hal-hal yang positif. hem...kalau ntar setelah keluar dari dunia pendidikan, kita bakalan punya kehidupan yang lebih beda, gak ada aturan kayak di sekolah, punya urusan masing-masing. Jadi, manusia bisa berubah setelah itu. ntah negatif or positif. Klo negatif pastinya akan mengecewakan negeri kita kan. Dan kalau positif pasti akan membanggakan. So, generasi muda mau pilih yang mana?? Mau mengecewakan negeri kita atau membuatnya bangga dengan karya-karya kita.

    BalasHapus
  5. berpikiran positif dan terbuka....
    what will be--will be.... yang penting sudah berusaha.....
    cos... future is not for us to seee

    Keep blogging....
    Suarakan kebenaran....
    bersama mereformasi indonesia melalui tulisan...

    BalasHapus